Laman

S'lamat Datang di Blog SAYA by: SALMON MARBUN'SE_AK

Minggu, 09 Juni 2013

ETIKA DALAM DUNIA KERJA

Etika pada umumnya didefenisikan sebagai usaha yang sistematis dengan menggunakan rasio untuk menafsirkan suatu pengalaman moral individual dan sosial, sehingga mampu menetapkan aturan untuk mengendalikan perilaku manusia. Etika berarti sebuah prilaku atau kebiasaan yang berlaku dimasyarakat Etika dalam bekerja berarti mencakup prilaku menghormati pekerjaan, profesionalisme, kedisiplina dalam pekerjaan, dan sikap baik dalam melakukan pekerjaan Etika dalam profesionalisme, ada dua hal yang terkandung dalam etika kerja yaitu kepercayaan dan tanggung jawab. Kepercayaan diterjemahkan kepada bagaimana mengembalikan kejujuran dalam dunia kerja dan menolak stigma lama bahwa kepintaran bekerja diukur dari kelihaian memperdayasaingan. Sedangkan tanggung jawab diarahkan atas mutu output sehingga insan pekerja jangan puas hanya terhadap kualitas kerja yang asal-asalan. Adapun beberapa praktik etika di dalam suatu pekerjaan yang dilandasi dengan berinteraksi di dalam suatu perusahaan, diantaranya adalah: 1. Etika Terhadap Saingan Kadang-kadang ada produsen berbuat kurang etis terhadap saingan dengan menyebarkan rumor, bahwa produk saingan kurang bermutu atau juga terjadi produk saingan dirusakdan dijual kembali ke pasar, sehingga menimbulkan citra negatif dari pihak konsumen. 2. Etika dalam hubungan dengan publik Harus dijaga sebaik mungkin, agar selalu terpelihara hubungan harmonis. Hubungan dengan public ini menyangkut pemeliharaan ekologi, lingkungan hidup. Hal ini meliputi konservasi alam, daur ulang dan polusi. Menjaga kelestarian alam, recycling (daur ulang) produk adalah uasha-usaha yang dapat dilakukan perusahaan dalam rangka mencegah polusi, dan menghemat sumber daya alam. 3.Etika Kedisiplinan Diri -Datang ke kantor sebelum jam masuk -Meninggalkan kantor melebihi jam masuk -Tidak meninggalkan pekerjaan tanpa ijin atasan -Jam kerja digunakan secara efektif -Tidak mengunakan jam kerja untuk hal yang tidak terkait dengan pekerjaan. 4. Etika Masuk Kantor -Mengucapkan salam terlebih dahulu -Tunjukkan wajah ceria -Pandanglah semua orang yang ada di ruangan dengan senyum -Tanyakan kabar baik pada teman di sebelah -Jika memungkinkan ucapkan salam pada atasan setiap pagi. 5. Etika Berpakaian -Memakai pakaian dengan ukuran yang pas -Usahakan pakaian rapi dan tidak kedodoran -Usahakan model pakaian yang sopan -Pilih warna yang tidak menyolok -Pilih model pakaian yang tidak terlalu kuno. 6. Etika Berbicara -Bicara harus menatap lawan bicara -Suara harus jelas terdengar -Menggunakan tata bahasa yang baik -Jangan menggunakan nada suara yang tinggi -Pembicaraan mudah dimengerti. 7. Berbicara Simpatik -Bisa mengimbangi lawan bicara -Berkeinginan menyenangkan lawan bicara -Mampu menciptakan rasa humor -Mau memuji lawan bicara -Mampu menjadi pendengar yang baik. 8. Yang Harus Dihindari Dalam Pembicaraan -Membicarakan kejelekan orang lain -Membicarakan hal yang sensitif -Memotong pembicaraan orang lain -Mendominasi pembicaraan -Banyak membicarakan diri sendiri. 9. Etika Dengan Atasan -Hormat kepada setiap atasan -Mintalah saran dan petunjuk agar dapat berkomunikasi dengan atasan -Usahakan tidak membuat kecewa atasan -Beri masukan dan saran secara bijak -Jangan spontan menolak perintah atasan -Jangan membuat malu atasan 10. Etika Dengan Teman Sekerja -Jangan menganggap sebagai pesaing tetapi mitra kerja -Kembangkan kebiasaan saling membantu -Kembangkan kebiasaan saling mengingatkan -Usahakan tidak terjadi konflik -Kembangkan kebiasaan diskusi sehat -Jangan menjatuhkan teman di hadapan atasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar